Diseminasi Hasil Analisa Pendokumentasian Data Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dengan HIV dan AIDS di 8 Propinsi di Indonesia

Diseminasi Hasil Analisa Pendokumentasian Data Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dengan HIV dan AIDS di 8 Propinsi di Indonesia

SERI DIALOG KEBIJAKAN

“Diseminasi Hasil Analisa Pendokumentasian Data Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dengan HIV dan AIDS di 8 Propinsi di Indonesia”

Unika Atmajaya

17 Desember 2013

 

Latar Belakang

IPPI telah melakukan pendokumentasian data kasus kekerasan terhadap perempuan dengan HIV dan AIDS di 8 propinsi dengan menggunakan metode diskusi kelompok, wawancara mendalam, dan lokakarya sehari dengan pihak yang berkepentingan di daerah tersebut. Selama ini belum ada program penanggulangan HIV dan AIDS yang memberikan layanan terkait dengan kekerasan pada perempuan, seolah ini adalah isu yang tidak saling terkait. Pendokumentasian data kasus kekerasan dan diseminasi ini menjadi penting agar terjadi diskusi untuk menetapkan solusi dari permasalahan ini.

Download – TOR CSO Dialogue Diseminasi Penelitian

Waktu Acara
12.00 – 13.15 Registrasi dan makan siang
13.15 – 13.30 Pemutaran film dokumenter pengambilan data oleh Sari Dewi Aznur (IPPI)
13.30 – 14.00 Pemaparan hasil penelitian oleh Baby Rivona (IPPI)

Download – Hasil Penelitian

14.00 – 14.15 Pemaparan mengenai Hegemoni Maskulinitas oleh Syaldi Sahude (Aliansi Laki-laki Baru)
14.15 – 14.30 Tanggapan pakar terhadap kasus kekerasan yang dialami oleh perempuan dengan HIV dan AIDS oleh Nani Nurrachman (Fakultas Psikologi Atma Jaya)
14.30 – 14.45 Integrasi program penanggulangan HIV dengan anti kekerasan terhadap perempuan oleh Afra Suci Ramadhan (PAMFLET)
14.45 – 15.30 Diskusi dan tanya jawab oleh moderator Irawati Atmosukarto (KPAN)
15.30 – 15.40 Penutup
Kesimpulan:

Kasus kekerasan pada perempuan dengan HIV bukan suatu isu yang baru, hanya saja sampai saat ini solusi yang sudah ada hanya menyelesaikan masalah di permukaan. Materi mengenai gender belum termasuk dalam program penanggulangan HIV. Perlu adanya sinergi antara para pemangku kepentingan di berbagai isu (HIV, narkoba, pemberdayaan perempuan, dll) agar ada solusi yang menyelesaikan masalah sampai ke akarnya.

Download – Notulensi CSO Dialogue Diseminasi Penelitian