[Friday Coffee Break] Lecture Series HIV: Penularan dan Pencegahannya

                Pusat Penelitian HIV/AIDS Unika Atma Jaya bekerja sama dengan UNIKA Atma Jaya dalam kegiatan Friday Coffee Break, yaitu Lecture Series yang akan diadakan sebulan sekali setiap hari Jumat di Kampus Atma Jaya Semanggi. Lecture Series X Friday Coffee Break ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang terdiri dari 6 Lecture Series.

                Lecture Series pertama, yaitu HIV: Penularan dan Pencegahannya, yang dibawakan oleh dokter Alegra Wolter yang merupakan salah satu alumni dari FK UAJ, dan mengatakan bahwa HIV  tidak dapat menginfeksi orang lain melalui gigitan serangga, berbagi makanan, batuk, bersin, berpelukan, keringat dan lain lain. HIV dapat menginfeksi orang lain melalui hubungan seks bebas, transfusi darah dan penggunaan jarum suntik.

Tidak ketinggalan juga dokter Alegra Wolter menjelaskan bagaimana cara untuk mencegah HIV itu sendiri agar tidak menginfeksi orang lain, seperti hubungan seks aman, sirkumsisi, obat anti HIV, sex education, penggunaan jarum aman, campaign, regulasi kesehatan. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa ibu hamil yang terinfeksi HIV dapat dicegah penularan kepada anaknya  dengan Program Pencegahan Ibu ke Anak (PPIA).

                Kegiatan ini dihadiri mulai dari mahasiswa Atma Jaya, karyawan Atma Jaya hingga masyarakat umum dan tidak ditarik biaya apapun. Peserta yang hadir juga akan mendapatkan e-certificate dan materi presentasi dari pembicara seminar.

Materi dapat diunduh di link berikut:

HIV: Pencegahan dan Penularan HIV