In House Training  Qualitative Research

In House Training Qualitative Research

Dalam isu HIV dan AIDS, penelitian kualitatif telah membantu untuk memahami perilaku-perilaku terkait dengan penularan HIV dan gaya hidup serta budaya yang menentukan faktor-faktor yang penting seperti makna risiko dan perlindungan, prioritas perilaku dan negosiasi, jaringan dukungan sosial dan lain-lain. Penelitian kualitatif juga telah mampu mengidentifikasi dan menggambarkan berbagai populasi atau jaringan sosial yang sangat sulit untuk diakses seperti pengguna napza suntik, laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki lain atau pekerja seks.

Pada 2-4 Desember 2014, Pusat Penelitian HIV dan AIDS (PPH) Atma Jaya mengadakan in-house training dengan materi Metode Penelitian Kualitatif. Pelatihan ini diadakan karena melihat pentingnya melakukan penelitian kualitatif untuk memahami konteks perilaku terkait pencegahan dan pengobatan HIV dan AIDS untuk memberikan bukti yang kuat dan mendalam untuk pengembangan kebijakan. Dalam pelatihan ini peserta diharapkan mampu memahami konsep metode penelitian kualitatif dan memahami penyusunan disain penelitian kualitatif.

Pelatihan dilaksanakan di Hotel All Seasons, Jakarta tidak hanya diikuti oleh staf PPH Atma Jaya, Kios, dan Lentera Anak Pelangi, tapi juga oleh peserta dari beberapa lembaga lain, seperti; ARI, HCPI, Karisma, Kotex, dan OPSI. Seluruh peserta terlibat aktif dan antusias dalam mengikuti setiap sesi dalam pelatihan ini. Instruktur dalam pelatihan ini tidak hanya berasal dari Atma Jaya, tetapi juga dari Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor yang sudah berpengalaman dalam melakukan penelitian kualitatif.

Pada hari pertama peserta diajak memahami terlebih dahulu mengenai konsep penelitian kualitatif, untuk kemudian belajar mengenai langkah-langkah mendisain penelitian kualitatif. Agar mempermudah, peserta diajak belajar untuk merumuskan pertanyaan penelitian kualitatif yang benar. Di hari kedua peserta mempelajari mengenai pengelolaan dan analisis data kualitatif. Tidak hanya penelitian perilaku, tapi juga penelitian kebijakan. Peserta berlatih dengan menganalisis dan membuat laporan singkat mengenai data wawancara yang diberikan. Hari ketiga peserta dilatih menggunakan software Nvivo dalam membuat koding dan skema untuk mempermudah proses analisis data hasil wawancara. Di hari terakhir peserta juga diminta membuat laporan singkat berdasarkan skema yang telah dibuat menggunakan software Nvivo.

Pelatihan ini diharapkan bisa mendukung peserta untuk mengembangkan ketrampilan mendisain, melaksanakan dan melakukan penelitian kualitatif. Sesuai dengan tujuannya, setiap materi diharapkan bisa memberikan perspektif teoritik dan praktis dalam merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif serta memahami proses penerjemahan hasil penelitian tersebut menjadi sebuah kebijakan atau program.