Lecture Series HIV: Infeksi Oportunistik dan Ko-Infeksi

Lecture Series X Friday Coffee Break

Paham dan Peduli HIV/AIDS

HIV: Infeksi Oportunistik & Ko-Infeksi

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Seseorang yang telah ditulari virus HIV, lama kelamaan daya tahan tubuhnya akan menurun, terlebih apabila tidak dilakukan pengobatan secara dini. Dengan kekebalan tubuh yang kurang kuat ini, maka orang dengan HIV sering mengalami berbagai Infeksi oportunistik (IO), yaitu infeksi yang sering terjadi pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Karena infeksi ini mengambil keuntungan dari sistem kekebalan tubuh seseorang yang lemah tersebut, maka ia dinamakan infeksi oportunistik. Infeksi ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri, jamur atau parasit. Infeksi oportunistik yang sering terjadi pada orang dengan HIV adalah candidiasis, infeksi pheumonia, diare, herpes simpleks, toksoplasmosis, dan lain sebagainya. Tentunya bagi orang dengan HIV perlu mengenal berbagai IO yang berkemungkinan menyerang mereka, supaya dapat mencegahnya ataupun apabila terkena IO tersebut dapat segera mencari bantuan untuk pengobatannya.

Sedangkan ko-infeksi adalah infeksi simultan oleh dua virus yang menyerang tubuh seseorang. Salah satu kasus koinfeksi yang sering terjadi adalah infeksi Hepatitis B virus (HBV) pada orang dengan HIV. Hal ini terjadi karena kedua virus tersebut memiliki kesamaan jalur transmisi. Dua virus hepatitis, B dan C, sangat mudah menular melalui jarum suntik yang tidak steril dan penggunaannya yang bergantian, hal ini umum terjadi pada pengguna jarum suntik di Indonesia.  

Walaupun pada HIV stadium awal, IO masih belum muncul atau belum sering muncul, apalagi sekarang ini, dengan program ART secara dini, peluang untuk terserang IO pada orang dengan HIV cukup kecil, namun bukan berarti informasi ataupun pengetahuan mengenai IO dapat diabaikan begitu saja. Oleh karena itu melalui kegiatan lecture series seri pengetahuan dan pemahaman HIV ini, PPH memilih topik yang berhubungan dengan infeksi oportunistik ini sehingga dapat bermanfaat baik bagi orang dengan HIV maupun masyarakat umum lainnya.

TUJUAN

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai infeksi oportunistik yang mungkin menyerang orang dengan HIV dan AIDS kepada audience sebagai bekal untuk memperoleh pengobatan yang tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan HIV dan AIDS.

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal   : Jum’at / 3 Mei 2019

Waktu              : 16.00 – 18.00

Tempat            : Ruang Seminar K2.202, Kampus UNIKA Atma jaya Semanggi

  Jl. Jend. Sudirman No. 51, Jakarta

PESERTA

Sasaran peserta learning series ini adalah mahasiswa UNIKA Atma Jaya (UAJ), namun tidak menutup kesempatan bagi civitas akademika UAJ lainnya dan masyarakat umum.

SUSUNAN KEGIATAN

Waktu Kegiatan
15:45 – 16:00 Pendaftaran Peserta
16:00 – 16:10 Pembukaan dan Pengantar dari Panitia
16:10 – 17:30 Materi HIV: Infeksi Oportunistik dan Ko-infeksi, Pembicara: dr. Abraham Simatupang, Mkes.
17:30 – 18:00 Diskusi Tanya jawab

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi:

Sari Lenggogeni | WA: 0812-8961-3557
development-pph@atmajaya.ac.id
atau datang ke PPH di Kampus UNIKA Atma Jaya Semanggi, Gedung K2, Ruang K21.08