Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis bagi Ibu dengan HIV Positif Paska Melahirkan

oleh Evi Sukmaningrum 

Pesan Pokok

Salah satu upaya pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak adalah dengan melaksanakan kegiatan empat prong yang merupakan rekomendasi WHO sejak tahun 2010.  Kertas kebijakan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam alur layanan prong keempat dan rekomendasi praktis yang bisa dilakukan untuk meningkatkan layanan tersebut.  Masalah yang muncul dalam prong keempat  adalah belum terlaksananya  layanan yang menyeluruh terkait dengan dukungan psikologis, sosial, dan perawatan kepada ibu dengan HIV beserta anak dan keluarganya.   Untuk itu hal-hal yang perlu dilakukan agar prong keempat bisa dilakukan secara lebih efektif adalah dengan mengembangkan petunjuk teknis pelaksanaan prong keempat, penguatan SDM pendukung serta koordinasi intersektoral, dan integrasi layanan psikososial dengan layanan yang ada di komunitas.

PENGANTAR

Data Kementerian Kesehatan (2012) menunjukkan dari 21.103 ibu hamil yang menjalani tes HIV terdapat 534 (2,5%) di antaranya positif terinfeksi HIV. Di masa mendatang, diperkirakan bahwa penularan HIV dari ibu yang terinfeksi HIV ke bayinya juga cenderung meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah perempuan HIV positif yang tertular baik dari pasangan maupun akibat perilaku yang berisiko. Pemodelan Matematik Epidemi HIV juga menunjukkan bahwa prevalensi HIV pada ibu hamil diproyeksikan meningkat dari 0,38% (2012) menjadi 0,49% (2016). Jumlah ibu hamil HIV positif yang memerlukan layanan PPIA juga akan meningkat dari 13.189 orang pada tahun 2012 menjadi 16.191 orang pada tahun 2016 (Kemenkes, 2012). Estimasi yang demikian ini mengisyaratkan bahwa Layanan PPIA dengan keempat prong yang menjadi komponennya perlu dilakukan secara lebih efektif di masa yang akan datang agar penualaran HIV pada ibu hamil tidak terjadi lagi (zero infection) seperti yang diharapkan dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

 

Unduh Dokumen:

Download “Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Bagi Ibu dengan HIV Positif Paska Melahirkan” PPH_Policy2_PPIA_article01.pdf – Downloaded 46 times – 2 MB

(Versi lengkap Policy Brief ini dapat diperoleh dengan mengirimkan email permintaan ke pph@atmajaya.ac.id)