Penentuan Agenda Prioritas Riset HIV-AIDS 2020-2024 di Indonesia

Penentuan agenda riset kebijakan merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh sejumlah narasumber untuk menentukan dan memutuskan prioritas mana yang paling penting untuk diutamakan dalam sebuah penelitian. PPH Unika Atma Jaya melakukan inisiasi awal kegiatan ini dengan tujuan untuk mengembangkan peringkat berdasarkan kesepakatan akan kebutuhan penelitian yang diprioritaskan terkait dengan isu HIV dan AIDS di Indonesia. Tingkat penentuan agenda riset ditetapkan dalam tingkat makro, yaitu agenda riset HIV-AIDS yang masih bersifat luas dan umum.

Metode yang digunakan dalam proses ini adalah dengan pendekatan kesepakatan (consensus-based) dan survey metric online kepada 46 narasumber ahli yang terdiri dari klinisi, peneliti, mitra/lembaga Internasional, perwakilan komunitas, dan pemerintah. Sebanyak 74% narasumber memberikan respon yang menghasilkan 3 program area yang menjadi prioritas tertinggi yang dipilih, yaitu : (1) kaskade dan pengobatan; (2) enabling environment; (3) riset layanan kesehatan. Walaupun begitu diperlukan kajian lebih mendalam dari seluruh pihak yang berkepentingan dalam respon HIV di Indonesia. Kegiatan ini merekomendasikan adanya keterlibatan pemangku kepentingan untuk mempertajam isu-isu prioritas spesifik, engidentifikasi, dan membuat peringkat pertanyaan penelitian potensial tertentu sesuai dengan bidang / topik penelitian.

Laporan ini dapat diuduh bebas pada tautan berikut:

Download “PENENTUAN AGENDA PRIORITAS RISET HIV-AIDS 2020-2024 DI INDONESIA” Initial-Report-Priority-Research-Setting.pdf – Downloaded 17 times – 768 KB