Pentingnya Tes Viral Load Untuk Orang Dengan HIV AIDS (ODHA)

Pentingnya Tes Viral Load Untuk Orang Dengan HIV AIDS (ODHA)

Pada hari Senin tanggal 29 Febuari 2016, PPH Atma Jaya mengadakan diskusi yang membahas permasalahan tes Viral Load (VL) Untuk Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) dengan menghadirkan narasumber Eky dari Positif Hope Indonesia dan Antonio ODHA yang bekerja di Unit Carlo RS. Carolus Jakarta. Positif Hope Indonesia sedang memperjuangakan agar ODHA dapat mengkases layanan tes Viral Load gratis. Walaupun sudah ada pernyataan dari pejabat berwenang yang mengatakan tes VL gratis tapi pada kenyataan di lapangannya belum terlaksana.

Permasalahan tersebut dikarenakan tes VL sebagai upaya kesehatan personal bukan upaya kesehatan masyarakat. Jadi belum bisa dibebankan pembiayaannya kepada negara. Bila ingin meminta negara untuk membayarkan tes VL, sebaiknya adanya bukti kuat bahwa ini memang menjadi hal yang penting.

Kenyataan di lapangan menurut Antonio di RS Carolus, “Dokter sudah menyarankan ODHA untuk tes VL tapi ODHA-nya tidak memiliki pemahaman tentang kegunaan tes VL, masih menganggap tes VL belum perlu, ada ODHA yang pengen tes VL tapi tidak dapat bantuan dari klinik Carlo karena bukan pasien klinik tersebut sehingga tidak mendapatkan kesempatan”

Di kota besar, ODHA dapat mengikuti program tes VL gratis ataupun membayar lebih murah dari harga biasanya. Di Jakarta harga test VL di RS Dharmais Rp 600.000, RS. Cipto Mangunkusumo Rp. 635.000, dan di RS Carolus 1.340.000, pasien hanya membayar 10 persen dari harga tesebut. Sedangkan untuk yang tinggal di daerah-daerah lain dirasakan kesulitan untuk mendapatkan informasi kemudahan dalam hal harga tes VL.

Tes Viral Load adalah tes untuk mengukur jumlah virus HIV di dalam darah, sedangkan jumlah virus HIV di dalam darah disebut viral load, yang dinyatakan dalam satuan kopi per mililiter (mL) darah. Pemeriksaan VL juga digunakan untuk menentukan efektivitas relatif dari obat Anti Retro Viral ( ARV).

Manfaat dari tes VL untuk penatalaksanaan terapi, sehingga dapat mengetahui apakah obat ARV berhasil mengendalikan virus atau gagal. Dengan demikian tes VL sangat dianjurkan kepada ODHA agar mengetahui sampai sejauh mana terapi Anti Retro Viral yang mereka jalani berhasil sehingga dapat memotivasi ODHA menjadi tetap patuh dalam menjalani terapi ARV seumur hidup mereka.