Tentang Program

Gambaran Proyek “Yes, I Can!”

Voice Influence Project – “Yes, I Can!”

“Yes, I Can!” adalah suatu proyek yang dilaksanakan oleh konsorsium yang melibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Atma Jaya, OPSI – Organisasi Perubahan Sosial Indonesia; Sanggar SWARA – Asosiasi Transgender Muda; dan eRKA atau Yayasan Rumah Kita – organisasi berbasis masyarakat yang menangani anak-anak terpinggirkan. “Yes, I Can!” bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup kelompok marginal dengan cara meningkatkan akses mereka terhadap layanan dasar dan memperbaiki status ekonomi dan sosial kelompok sasaran proyek ini. Dalam kaitan dengan tujuan tersebut proyek ini menawarkan inovasi dengan tidak hanya memberdayakan kelompok sasaran, tetapi juga dengan melakukan advokasi pada pihak pemerintah, swasta, maupun masyarakat untuk mengurangi stigma dan diskriminasi. Mengurangi stigma dan diskriminasi menjadi hal yang penting karena   dalam berbagai penelitian di Pusat Penelitian HIV/AIDS UNIKA Atma Jaya, marginalisasi yang disebabkan oleh stigma dan diskriminasi menuai perlakuan dengan kekerasan yang dapat berakibat fatal.

Pemberdayaan dengan memberikan pelatihan reflektif dan pelatihan profesional diharapkan dapat mengurangi stigma dan diskriminasi pada kelompok sasaran. Pada pelatihan reflektif, kelompok sasaran diajak berefleksi untuk membantu menentukan tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan potensi dan kemampuan dirinya. Pelatihan reflektif ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri kelompok sasaran dan menyadari bahwa mereka memiliki hak yang sama dengan individu lainnya, terlepas dari status, pekerjaan, ataupun gender mereka.

Sebagai kelanjutan pelatihan reflektif, 30 orang yang dipilih akan diberikan pelatihan profesional sesuai dengan minatnya masing-masing. Pelatihan profesional yang diberikan merupakan program pendidikan profesional terstandar, bersertifikat, dan diakui secara profesional di masyarakat (profesi terpilih di sektor formal seperti keperawatan, perhotelan, profesi, mekanik atau otomotif, konsultan kesehatan dan kecantikan, dll – tergantung pada minat masing-masing orang yang terpilih). Kurikulum program pendidikan bersertifikat yang diusulkan akan diajarkan dan dipantau oleh pakar terakreditasi di sektor swasta di bawah koordinasi LPPM dan Pusat Penelitian HIV & AIDS (PPH UAJ).

Program ini dirancang untuk pemenuhan hak-hak dasar dari kelompok marginal. Dengan pelatihan refleksi diri dan keterampilan kerja yang diberikan, kelompok sasaran diharapkan mampu mengubah cara pandang terhadap dirinya dan bisa menjadi agent of change yang dampaknya dapat memengaruhi kelompok stakeholder. Pada akhirnya advokasi pada pihak pemerintah, swasta, dan masyarakat menjadi hal yang juga penting dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan menerima kelompok sasaran. Dengan demikian, kualitas hidup dari kelompok sasaran dapat ditingkatkan dengan meningkatkan akses ke pelayanan-pelayanan dasar dan meningkatkan status ekonomi dan status sosial kelompok sasaran.

Penerima Manfaat/Sasaran Proyek “Yes, I Can!”

Pekerja seks (perempuan dan laki-laki)
Waria / transpuan muda
Anak jalanan (perempuan dan laki-laki)

Proses Kegiatan “Yes, I Can!”