Workhsop: Melakukan Survei Offline Menggunakan KoBoToolbox

Di era digital sekarang ini, metode pengambilan data mulai beralih dari paper and pencil menuju metode online. Sejumlah platform pengambilan data seperti google form, microsoft form, survey monkey, lime survey, telah banyak digunakan oleh berbagai kelompok masyarakat untuk beragam kebutuhan. Meskipun demikian, akses internet seringkali menjadi potensi hambatan dalam melakukan pengambilan data secara online, khususnya jika pengambilan data dilakukan di daerah yang memiliki sinyal yang kurang baik. Oleh karena itu dikembangkan platform pengambilan data yang dapat membantu pengambilan data secara luring (offline)

KoBoToolbox merupakan salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan survei offline. Perangkat ini dapat digunakan untuk pengumpulan data lapangan dalam lingkungan dengan akses internet yang minim atau tidak ada sama sekali dan dapat diperoleh secara gratis. KoBoToolbox telah digunakan oleh banyak organisasi dan peneliti dalam berbagai konteks di seluruh dunia.

Untuk memperkenalkan penggunaan KoBoToolbox kepada masyarakat luas, khususnya mahasiswa dan peneliti yang sering berkecimpung dengan survei, PPH mengadakan workshop tingkat dasar “Melakukan Survei offline Menggunakan KoBoToolbox”.

TUJUAN

Lokakarya ini bertujuan membantu peserta untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk melakukan survei secara luring (offline), sehingga internet tidak lagi menjadi hambatan di dalam melakukan pengambilan data.

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada: Hari/Tanggal : Selasa / 25 Juni 2019 Waktu : 09.45 – 15.00 Tempat : Ruang Y.1408, Gedung Yustinus Lt. 14, Kampus UNIKA Atma Jaya Semanggi

Jl. Jend. Sudirman No. 51, Jakarta

PESERTA Sasaran peserta pelatihan ini adalah mahasiswa dan staf UNIKA Atma Jaya (UAJ), namun tidak menutup kesempatan bagi mahasiswa dan staf non UAJ.

SILABUS

Kursus ini akan disampaikan sesuai dengan tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pengembangan survei.

1. Pengantar

Pada bagian ini Anda akan dijelaskan lebih lanjut mengenai penggunaan dan fitur dari aplikasi KoBoToolbox.

2. Membuat Kuesioner

Pada bagian ini anda akan diperkenalkan pada cara membuat item-item kuesioner secara offline menggunakan Microsoft Excel, termasuk perkenalan terhadap bebagai jenis format pertanyaan dan pengaturan skip logic.

3. Impor Kuesioner

Pada bagian ini anda akan dijelaskan cara melakukan impor Excel Spreadsheet pada KoBoToolbox untuk kemudian diubah menjadi kuesioner digital.

4. Pengambilan Data

Pada bagian ini anda akan dijelaskan cara kerja pengambilan data secara luring (offline), menggunakan aplikasi KoBoCollect.

5. Ekspor Respon

Sebagai langkah terakhir adalah bagaimana anda mendapatkan respon jawaban yang dapat disimpan dalam file SPSS ataupun Excel untuk kemudian dianalisis.

Level: Dasar/Basic Lokakarya ini dilaksanakan dengan menggunakan platform KoBoToolbox dan software Microsoft Excel.

AGENDA PELATIHAN

Waktu Kegiatan

09:45 – 10:00 Pendaftaran Peserta

10:00 – 10:30 Pengantar

10:30 – 12:00 Membuat + impor Kuesioner

12:00 – 12:45 Break

12:45 – 13:30 Pengambilan Data

13:30 – 14:00 Ekspor Respon

14:00 – 15:00 Latihan dan Tanya Jawab

INSTRUKTUR:

Pelatihan ini akan difasilitasi oleh Bpk. Edwin Sutamto, S.Psi. Beliau telah memiliki pengalaman dalam merancang dan mengelola data survei .

BIAYA

Biaya pelatihan adalah sebesar: Rp. 50.000

PENDAFTARAN

Bagi yang berminat untuk mengikuti pelatihan ini dapat mendaftar melalui: https://tinyurl.com/WS-PPHUAJ

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Sari Lenggogeni / +62 812 8961 3557