WORKSHOP: Pengantar Analisis dan Visualisasi Data menggunakan Excel

Seringkali kita mendapat kesulitan dalam mengolah dan menganalisa data. Banyaknya data yang dimiliki membuat kita bingung akan bagaimana data-data tersebut dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan, penelitian atau dalam hal tugas kuliah. Sebenarnya cukup banyak software-software untuk pengolahan data yang dapat dimanfaatkan, misalnya SPSS, STATA, Minitab, SAS, dan lain sebagainya. Namun masing-masing software memiliki kelebihan/kekurangan serta kerumitan tersendiri, terlebih lagi sebagian besar dari software tersebut memiliki harga yang cukup mahal.

Microsoft Excel merupakan program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka. Program ini sering lebih sering dikenal dalam pencatatan dan pembuatan laporan keuangan. Namun ternyata dengan menggunakan Excel kita juga dapat membuat rangkuman, menganalisis dan mengeksplorasi data, serta mempresentasikannya dalam bentuk visual yang menarik. Salah satu keuntungan bekerja dengan Excel untuk analisis dan visualisasi data adalah hampir semua orang yang bekerja dengan komputer mempunyai aplikasi ini di dalam komputer/laptopnya, serta sebagian besar dari mereka juga lebih terbiasa dalam menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, Pusat Penelitian HIV dan AIDS (PPH) Atma Jaya, merancang seri pelatihan pengolahan data dengan menggunakan Excel, yaitu mulai dari tingkat dasar (pengantar), Intermediate, hingga tingkat Advance.

TUJUAN

Kursus ini bertujuan membantu peserta untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar di dalam menghadapi tantangan pengolahan data agar dapat menjadi seorang data analis mandiri.

 WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal   : Kamis / 28 Maret 2019

Waktu              : 09.00 – 16.00

Tempat            : Ruang Seminar K2.203, Kampus UNIKA Atma jaya Semanggi,   Jl. Jend. Sudirman No. 51, Jakarta

SILABUS

Kursus ini akan disampaikan sesuai dengan tahapan-tahapan yang dilakukan dalam analisis data.

  1. Introduction: Peserta akan diperkenalkan mengenai struktur dan sistematika kursus serta tujuan akhir yang akan dicapai.
  1. Data Exploration: Pada bagian ini peserta akan diperkenalkan pada cara melakukan impor data dari berbagai sumber menjadi data Excel spreadsheet yang akan dilanjutkan dengan eksplorasi data dalam bentuk konsistensi format, menghilangkan duplikasi data dan mengatasi data yang hilang (missing value)
  1. Data Analysis: Setelah mendapatkan data set yang siap dan lengkap, langkah selanjutnya adalah menganalisa data tersebut. Peserta akan diperkenalkan dengan Pivot Table berikut fungsi-fungsi Excel dasar yang biasa digunakan untuk pengolahan data (diantaranya: Vlookup, Index/Match, ifs, Sumifs).
  1. Data Visualization: Pada bagian ini peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai Pivot Chart, bagaimana mendesain sebuah chart dan table yang baik. Melalui visualisasi data, akan diperkenalkan bagaimana mendapatkan descriptive analytics dan predictive analytic sederhana.
  1. Dashboard and Reporting: Sebagai langkah terakhir adalah memperkenalkan kepada peserta bagaimana menyampaikan hasil analisa data sebagai sebuah laporan dalam bentuk dashboard.

FASILITAS

  • Handout materials
  • Makan siang
  • Sertifikat

PEMATERI

Pelatihan ini akan difasilitasi oleh Bpk. Happy Kurniawan, ST. MBA. Beliau telah memiliki  pengalaman dalam industri yang berkaitan dengan knowledge management, performance and cost analyst  selama lebih kurang 15 tahun.

PENDAFTARAN

Bagi yang berminat untuk mengikuti pelatihan ini dapat mendaftar melalui: https://tinyurl.com/WS-PPHUAJ

BIAYA

Biaya pelatihan adalah sebagai berikut:

Mahasiswa UAJ: Rp 300.000

Mahasiswa Non-UAJ: Rp 350.000

Non-Mahasiswa: Rp 500.000

PEMBAYARAN

Pembayaran dapat dilakukan melalui setor/transfer ke:

No. Rek           : 1220004572452

Atas nama       : UNIKA ATMA JAYA JAK

Bank                : Mandiri KCP Jkt RS Jakarta

Mohon tuliskan nama dan catatan “Pembayaran workshop Excel 1 – 2019” di kolom Keterangan pada slip setoran/transfer. Bukti transfer dapat dikirim paling lambat tanggal 25 Maret 2019 melalui email ke development-pph@atmajaya.ac.id atau melalui Whatsapp ke 0812-8961-3557 (Sari Lenggogeni),

Jika Anda membutuhkan informasih lebih lanjut mengenai workshop ini, silahkan menghubungi:

Sari Lenggogeni | WA: 0812-8961-3557

development-pph@atmajaya.ac.id , atau

Silahkan datang ke PPH di Kampus UNIKA Atma Jaya Semanggi, Gedung K2, Ruang K21.08