Tahap 2 : Pelatihan Reflektif

Proyek Yes, I Can! yang didukung oleh VOICE Indonesia, memiliki tujuan untuk mengurangi stigma dan diskriminasi pada kelompok sasaran Yes, I Can! yang merupakan pekerja seks, transpuan muda, dan anak jalanan melalui peningkatan status ekonomi dan status sosial.

Tahap pelatihan reflektif ini merupakan tahap lanjutan dari tahap sebelumnya,  sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan status ekonomi dan status sosial dari kelompok sasaran tersebut. Kegiatan ini terdiri dari 6 batch yang diikuti oleh seluru para peserta program Yes,I Can!. Tujuannya agar peserta pelatihan memahami potensi dirinya sendiri dan mampu memanfaatkan sumber daya yang tersedia sehingga para peserta dapat belajar untuk mengembangkan diri agar dapat mencapai target pekerjaan yang mereka inginkan, yang diharapkan akan mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap pekerja seks, transpuan muda, dan anak jalanan.

Selain itu, melalui pelatihan reflektif ini diharapkan juga peserta mampu mengenali dirinya sendiri baik itu kekuatan maupun kelemahan sehingga peserta dapat memaksimalkan potensi dirinya, memahami bahwa dirinya adalah bagian dari lingkungan, peserta juga diharapkan bisa memiliki target pekerjaan yang ingin dicapai dimasa depan, dan dapat menerapkan nilai-nilai yang diperlukan untuk mencapai target pekerjaan tersebut, serta yang paling penting adalah peserta memiliki keyakinan terhadap diri sendiri untuk menggapai target pekerjaan yang diinginkan.